Kapal Perang Termahal di Dunia Harganya Rp. 63.000.000.000.000

Dalam sejarahnya sejak mula, kapal perang telah menjadi aset yang demikian penting. Meskipun tidak menyolok, banyak negara yang berlomba-lomba menciptakan kapal Angkatan Laut yang paling besar dan kuat.

Dari beragam jenis kapal perang yang ada, hanya satu kapal perang yang dapat membawa rudal balistik jarak jauh, jet militer, rudal jelajah, tank, pasukan dan hampir semua alutsista di lautan dan samudera. Ia adalah kapal pengangkut atau sering disebut sebagai kapal induk, sebuah kamp militer mobile yang mampu bergerak menuju berbagai zona perang yang jauh lokasinya sekalipun dalam hitungan hari; simbol wibawa dan kekuatan militer negara pemiliknya.

Pemilik kapal berukuran kolosal bisa dihitung dengan jari. Selain teknologi tinggi yang disematkan padanya, biaya operasional dan perawatan tahunannya saja sering berkali lipat lebih besar dibandingkan dengan APBN sebuah negara Asia.

Berikut daftar 10 kapal perang paling kolosal di dunia saat ini:

US Nimitz Class

the_Nimitz-class_aircraft kekunoanKapal dari kelas US Nimitz adalah kapal terbesar di dunia yang tingginya lebih dari 1000 kaki dan digerakkan tenaga nuklir milik AL Amerika Serikat. Tiap kapal di dalam armada bernilai sekitar US $ 4,5 miliar. Sebuah kapal induk kelas ini beratnya bahkan mencapai 100.000 ton serta mampu mengangkut 90 pesawat udara di dalamnya. Dipersenjatai dengan senapan dan rudal anti pesawat udara, kapal ini memiliki pertahanan yang kuat dan dirancang untuk dipergunakan selama 50 tahun. Amerika Serikat kabarnya sedang mengembangkan penerus kapal induk ini yang bakal lebih besar dan lebih mahal bernama Gerald R. Ford Class.

French Charles de Gaulle Class

Merupakan golongan kapal yang paling sering terlibat dalam berbagai misi militer dari seluruh dunia yang sayangnya memiliki kendala dalam perancangan dan pemeliharaannya. French Charles de Gaulle Class adalah satu-satunya kapal induk bertenaga nuklir yang bukan kepunyaan Amerika Serikat, melainkan kapal induk pertama milik Perancis. Ia mulai dioperasikan pada tahun 2001 dengan biaya US $ 4 miliar. Kapal ini mampu mengangkut 40 pesawat terbang dan dapat berlayar selama 20 tahun tanpa mengisi bahan bakar.

Russian Kirov Class

Kapal penjelajah bertenaga nuklir kelas ini dirancang untuk melaksanakan operasi militer ofensif. Kapal ini dibuat pada tahun 1980-an dengan 3 jenisnya yang lain masing-masing memakan biaya sekitar US $ 2 miliar. Kini 3 kapal tersebut sedang menjalani renovasi dan hanya menyisakan 1 kapal yang masih membelah lautan.

Japanese Izumo Class

Saat ini hanya tersisa 1 kapal saja dari kelas ini meskipun Jepang dilaporkan tengah merancang yang baru. Kapal ini merupakan kapal pengangkut helikopter dengan kemampuan ganda. Ia memiliki kemampuan memburu dan menghancurkan kapal selam musuh dalam suatu pertempuran matra laut. Sejalan dengan Undang-Undang Jepang setelah berakhirnya Perang Dunia ke-2, kapal multiguna bernilai US $ 1,2 miliar ini hanya menyematkan senjata untuk pertahanan diri. Kemampuan maksimumnya adalah memuat 14 helikopter, kendaraan, dan 400 tentara.

Russian Admiral Kuznetsov Class

Kapal ini berbeda dibandingkan kapal milik Jepang di atas, karena dilengkapi dengan senjata kelas berat dan juga mampu memuat banyak pesawat terbang. Persenjataannya meliputi rudal anti kapal dan anti kapal selam. Angkatan laut Soviet tinggal memiliki 1 saja karena sisanya dijual pada China. Kapal ini dirancang pada tahun 1990 dan hanya satu-satunya yang dimiliki Russia.

US Wasp Class

Amerika Serikat memproduksi 8 kapal kelas ini dengan tujuan khusus yakni untuk mendukung pasukan darat yang bertempur di wilayah berbahaya. Masing-masing kapal kelas ini bernilai  US $ 750 juta dan mampu memuat hampir 2000 marinir AS beserta kendaraan perang dan helikopter dan memiliki 1000 orang kru.

US America Class

Kapal penyerang amfibi ini adalah yang pertama pada jenisnya dan berbiaya US $ 3,4 juta. Kelebihannya yang menonjol adalah kemampuan mengangkut pesawat udara yang lebih besar dibandingkan dengan kapal kelas US Wasp Class.

Chinese modified- Admiral Kuznetsov Class

Kapal ini merupakan kapal pengangkut pertama milik China yang dibeli dari Russia. China membeli kapal yang ini saat belum selesai dari Ukraina (yang saat itu masih bagian dari Uni Soviet). China kemudian menyelesaikan konstruksinya dan menamainya Liaoning.

China mengumumkan pembelian kapal ini untuk dipakai sebagai sebuah Kasino pribadi. Cerita rekaan ini  dibuat untuk menutupi maksud China sesungguhnyanya. China terutama memanfaatkan kapal yang mampu mengangkut 30 pesawat  ini untuk pelatihan.

Brazilian Modified-Clemenceau Class

Kapal pengangkut ini awalnya adalah milik Perancis yang dipergunakan mulai tahun 1961-2000. Saat Brazil membelinya senilai US $ 12 juta kapal ini tadinya merupakan kapal pengangkut pertama yang sukses dibuat Perancis setelah Perang Dunia ke-2. Kapal ini telah menjalani renovasi besar-besaran dan kini dimanfaatkan oleh angkatan laut Brazil dengan nama baru yakni São Paulo. Ia mampu mengangkut 39 pesawat terbang.

Indian Modified-Kiev Class

Sesuai namanya, kapal ini tadinya dimiliki oleh Soviet ditahun 1980-an. India mengakuisisinya dengan mahar senilai US $ 2,3 miliar dan menamainya sebagai INS Vikramadhitya. Kapal ini mampu mengangkut sekitar 36 pesawat udara dan adalah ­satu di antara dua kapal pengangkut yang dimiliki oleh Angkatan L­aut India.

Incoming search terms:

  • Kapal perang kelas berat
Total
90
Shares

Berlangganan

Yuk bergabung agar selalu mendapatkan notifikasi setiap artikel baru terbit

error: ... !