in

SukaSuka

7 Reruntuhan Monumen Sejarah Kuno yang Direkonstruksi Indah

Reruntuhan bangunan kuno ibarat jendela bagi kita di masa kini untuk mengintip ke belakang seperti apa kehidupan manusia jaman dulu. Sering kita dibuat terkagum-kagum pada peninggalan masa lalu. Namun, karena terlalu sedikit yang tersisa atau akibat sudah terlalu rusak, kemampuan kita membayangkan bagaimana wujud asli tinggalan tersebut pada masa kejayaannya, sangat terbatas.

Nah daripada sekedar berkhayal, simak sajian berikut. Sekelompok seniman grafis modern telah membantu kita menunjukkan rupa monumen-monumen tersebut secara lebih nyata melalui rekayasa digital.

Tekan format gambar GIF yang muncul di layar kamu agar bisa melihat proses rekonstruksinya.

 

Sumber: viewfinder.expedia.com

#1 Kuil Parthenon ( Yunani )

Dahulu kuil ini menyimpan patung emas dewi Athena yang monumental, dewi yang dalam mithologi Yunani merupakan dewi kebijaksanaan, karya seni, dan perang. Bangunan yang terletak di atas bukit di Acropolis, Athena ini sangat indah. Sempat mengalami kerusakan pada 1687 akibat perang, beruntung arsitektur gaya Doriannya yang kokoh mampu meminimalisir dampak kerusakan yang lebih parah sehingga sebagian besarnya masih berdiri utuh. Monumen instagramable yang dikunjungi jutaan turis pertahunnya dan merupakan identitas nasional Yunani dan sekaligus warisan milik dunia.

#2 Sisa tembok Hadrian ( Inggris )

Terbentang di hamparan perbukitan di pedalaman Inggris yang indah, adalah sisa tembok benteng yang dibangun Romawi pada abad 1 Masehi. Fungsi bangunan ini masih menjadi perdebatan di kalangan sejarawan. Teori yang paling populer adalah bahwa setelah memegang tahta Romawi tahun 117, kaisar Hadrian memerintahkan pembangunan tembok ini untuk mengamankan wilayahnya. Mirip tembok besar Cina, terdapat pos-pos penjagaan di sepanjang benteng yang terbentang sejauh 73Mil ini.

#3 Kuil Luxor ( Mesir )

Sejak awal, kuil Luxor yang namanya berasal dari istilah Arab al-Uksur ( benteng ) telah menjadi situs yang disucikan. Mulai dibangun sejak Amenhotep III tahun 1380 SM, kuil ini lalu direnovasi oleh Ramses II seratus tahun kemudian dengan menambahkan tiang gerbang dan halaman terbuka. Dulunya kuil ini terhubung dengan Kuil Karnak yang tidak jauh lokasinya via jalan besar dengan jajaran patung Sphinx di sepanjang sisinya yang berfungsi sebagai penjaga gerbang. Dilengkapi dengan obelisk kuno yang epik, Luxor merepresentasikan keagungan arsitektur Mesir kuno yang tak tertandingi.

#4 Piramida Matahari – Teotihuacán

Teotihuacán memperlihatkan contoh awal kehidupan masyarakat perkotaan di Meksiko tengah yang didirikan antara abad 1 dan 7. Sayang hanya sedikit sekali yang bisa diketahui tentang peradaban yang mendiami kompleks ini. Akibat kurangnya data, setelah bangunan selesai mereka seolah-olah menghilang secara misterius. Piramida raksasa spektakuler ini merupakan yang terbesar sekaligus tertua di meksiko tengah.

#5 Area Sacra di Largo Argentina – Temple B ( Italia )

Apa yang tampak di foto merupakan satu dari empat sudut sebuah kuil Romawi. Reruntuhan ini ditemukan saat pengerjaan konstruksi di tahun 1920an. Kuil B adalah yang paling baru dibandingkan 3 lainnya dengan keenam kolomnya masih berdiri utuh, demikian juga anak tangga dan altarnya. Pengunjung situs ini tidak hanya bisa mengagumi peninggalan arkeologis cantik, namun juga disuguhi pemandangan ratusan kucing yang tinggal di sini. Para sukarelawan bekerjasama memelihara, merawat, dan membersihkan kucing-kucing ini, mendorong wisatawan agar ramah pada kucing atau bahkan sesekali menawarkan agar mengadopsinya. Berikut tampilan kuil tanpa kehadiran kucing.

#6 Kuil Jupiter ( Italia )

Kuil yang dibangun untuk memuja Jupiter, dewa petir dan angkasa ini dulunya merupakan pusat kehidupan relijius penduduk kota kuno Pompeii yang terletak di teluk Naples, Kota ini mengingatkan kita pada gunung apinya yang berbahaya; Vesivius. Situs kuil ditemukan kembali pada abad 16 setelah tertimbun abu vulkanis letusan Vesuvius pada 79 Masehi. Melalui upaya ekskavasi yang panjang, tempat ini telah mengundang jutaan orang untuk melihat kembali sisa denyut kehidupan kota Romawi abad pertama.

#7 Piramida Nohoch Mul (Coba – Meksiko )

Cobá adalah peninggalan suku Maya yang diperkirakan telah ada antara 100 SM dan 100 masehi, namun kemudian ditelantarkan sekira tahun 1550 akibat penaklukan Spanyol. Reruntuhan setinggi 137 kaki ini tercatat sebagai piramida tertinggi di semenanjung Yucatan dan piramida Maya tertinggi kedua di dunia. Walaupun ditemukan sejak 1800an, situs ini baru dibuka untuk umum tahun 1973 karena dulunya diselimuti hutan lebat yang sulit dijangkau.

Comments

Loading…

0

Comments

0 comments