Apa itu Trail Running? Infografis Panduan Singkat untuk Pemula

Event lari ada yang on road dan trail run. Perbedaan pokok keduanya adalah pada lintasan yang dilalui. Road run dilaksanakan di jalan beraspal padat dan cenderung datar sedangkan trail run di alam bebas. Beberapa orang suka lari on-road karena kondisi trek-nya yang stabil. Yang lainnya lagi memilih trail run untuk menikmati udara pegunungan yang segar dan pemandangan yang bagus. Masing-masing ada kurang lebihnya.

Trail Run mulai happening di Indonesia sekira 4-5 tahun yang lalu. Olah raga ini bisa dibilang semacam pengembangan dari ultra light backpacking yang walaupun cukup populer di luar negri, namun kurang gempita di tanah air. Ultra light backpacking adalah aktifitas mendaki gunung dengan membawa beban di pundak yang seringan mungkin. Trail run menggabungkan running dan hiking karena pegiatnya berlari di daerah pegunungan dengan turunan dan tanjakan yang ekstrim, dengan kondisi trek yang bervariasi antara tanah, kerikil, batu, padang savana, lumpur, dll. Peralatan yang dibawa tentu jauh lebih ringan daripada ultra light backpacking.

Mirip naik gunung, istilah yang dipakai oleh para penggiatnya yaitu ‘tik tok’ karena tidak sampai bermalam di gunung.

Simak infografis tentang Trail Run dibawah ini:

Infografis perbedaan antara trail running dengan road running kekunoandotkom

infografis trail run gears kekunoan dot kom

Sedikit tips buat kamu yang pingin cari gear/ kelengkapan Trail Run, cukup google merk-merk beken di marketplace dengan kata kunci trail run, sepatu Salomon, Hoka One One, Aonijie, kalenjie, anaklari, sukaoutdoor, dll. Untuk menambah motivasi, bisa juga follow beberapa nama terkemuka di dunia ‘pelarian’ ini di Instagram atas nama @hendra.w, @patricpage, @inianien, @awsmyn, @sritabitha_wahyuni, @ruth.theresia, dan masih banyak lagi.

So, sila rasakan sendiri sensasi berwisata sambil olah raga yang bisa bikin ketagihan ini 😀

Gambar dan tulisan: AGU

 

Berlangganan

Yuk bergabung agar selalu mendapatkan notifikasi setiap artikel baru terbit