Teknologi Nano Membran dan HTClean untuk ‘Jumbleng’ Masa Depan

“Toilet itu tak ubahnya super vaksin”, ujar Doulaye Kone dari Bill & Melinda gates Foundation. Benda ini membunuh penyakit di tempatnya diproduksi. Sistem sanitasi biasa memakan banyak biaya, sehingga inisiatif Reinvented Toilet ini membantu mengembangkan alternatif toilet. Aman dan tak mahal untuk dioperasikan, jamban dapat berfungsi tanpa aliran air dan sambungan listrik. Benda-benda ini juga berkelanjutan, mengurangi patogen selagi mendapatkan kembali unsur hara dan energi.

TOILET NANO MEMBRAN

WC Nano Membran kekunoan.com

Toilet Nano Membran adalah unit mandiri portabel dan tidak memerlukan energi eksternal. Limbahnya dipisahkan secara mekanis. Sebuah pembakar membakar limbah padatnya, sementara limbah cairnya dipanaskan dan disuling. Hasil akhir berupa abudan air dapat dibuang dengan aman.

TOILET SISTEM HTCLEAN

WC HTCLEAN kekunoan.com

Penyiram penghisam HTClean menggunakan kembali air dari hasil proses bersuhu tinggi dan pemisahan bertekanan. Hasilnya air murni dan bongkahan limbah padat yang mudah dibuang. Jamban tanpa saluran pembuangan ini bergantung pada listrik. ilmuwan berusaha membuatnya bebas listrik.

 

Sumber: National Geographic Magazine, 2019

 

Berlangganan

Yuk bergabung agar selalu mendapatkan notifikasi setiap artikel baru terbit